Membuat Dapur Sempit Tetap Nyaman

Untuk menyiasati harga lahan yang semakin tinggi kini pengembangan hunian dirancang lebih kompak dan efisien. Bangunannya mungil dengan merangkum beragam fungsi. Ruang seperti ini memerlukan penataan cermat dan pemilihan perabot yang sesuai agar ruangan sempit terasa lebih lega dan nyaman.

1
2
3

Salah satu ruang yang sangat penting di rumah adalah dapur. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar dapur kecil dapat berfungsi maksimal. Berdasarkan panduan dari kusumapropertytips, sebuah portal desain online yang dikutip Rabu (28/12), berikut beberapa langkah untuk membuat dapur sempit tetap nyaman.

4

Warna
Jangan sepelekan warna karena penggunaan warna yang tepat bisa membuat kesan dapur menjadi lebih luas dan nyaman untuk beraktifitas. Gunakan warna terang seperti broken white, krem, dan warna lembut lainnya yang akan menampilkan kesan luas pada ruang sempit. Warna putih juga bisa memberikan ilusi nyaman dan kesan luas. Jangan ragu untuk menambahkan pencahayaan karena ruang yang terang akan berkesan lebih luas dibandingkan pencahayaan redup.
Jangan lupa untuk menyediakan bukaan atau jendela besar. Selain memberikan pandangan menerus ke luar ruang, bukaan besar di dapur dibutuhkan untuk sirkulasi udara dan mencegah polusi di dalam rumah.
Perbanyak rak
Maksimalkan setiap bagian yang ada di dapur dan kalau perlu buat rak/kabinet di dinding hingga menyentuh plafon. Bila ada meja dapur bagian kolongnya bisa dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan sehingga ragam perabotan tidak menumpuk di atas meja yang merusak pemandangan dan mengganggu aktifitas memasak. Penggunaan furnitur seperti kabinet tertutup juga bisa membuat tampilan dapur menjadi lebih rapi.
Klasifikasi barang
Tentu ada beragam perabot yang sering digunakan dan jarang digunakan. Letakkan perabot yang sering digunakan seperti panci, ketel, penggorengan, dan lainnya di tempat yang mudah dijangkau. Untuk barang yang jarang digunakan bisa diletakkan pada rak di bagian paling atas sehingga tidak bercampur dan menyulitkan ketika akan digunakan. Barang pecah belah seperti piring, gelas, dan mangkuk tidak perlu dikeluarkan semua. Perangkat yang jarang dipakai  sebaiknya disimpan di storage atau tempat khusus.
Gunakan dinding kosong
Bila tidak memungkinkan memasang rak dan membuat storage bagian dinding yang kosong bisa digunakan untuk menggantung panci-panci besar dan alat masak lainnya. Bisa juga menggunakan pot rack yang bisa diletakkan di sudut-sudut ruang dapur sehingga lebih fleksibel.
Sumber : www.housing-estate.com

Join The Discussion

Compare listings

Compare